Minggu, 30 Juni 2013

Intelligent Design



Intelligent Design

Desain Cerdas atau Intelligent Design adalah masalah pelik di bidang ilmu pengetahuan. Ini karena susahnya menentukan apakah ini sains atau bukan. Hal ini menyebabkan perdebatan panjang di Amerika serikat mengenai apakah ia sains ataukah lebih condong pada kepercayaan agama.
Desain Cerdas atau Intelligent Design adalah suatu program penelitian ilmiah begitu pula mereka yang disebut komunitas ilmu, filsuf dan pelajar lainnya yang mencari bukti adanya Desain dalam alam. Teori Desain Pintar menyatakan bahwa bagian dari alam semesta dan makhluk hidup paling baik dijelaskan dengan kepandaian, bukan suatu proses seleksi alam.  Desain Cerdas adalah bagian dari Teori Desain. Teori Desain kadang disebut juga desain atau argumen desain. Mereka berpandangan bahwa alam semesta penuh tanda bahwa ia didesain dari kecerdasan yang mendahuluinya
Yang paling terkenal dari teori Desain adalah argumen dari teolog William Paley pada 1802. Dia mengajukan tesis “pembuat jam.” Namun demikian setelah munculnya Teori Darwin teori Desain terkalahkan. Teori Desain kemudian muncul kembali dengan revisi bernama Desain Cerdas. Desain Cerdas berbeda dengan teori Desain lain karena itu tidak sekedar menjelaskan keberadaan Tuhan dari alam. Teori ini berpendapat bahwa suatu kecerdasan adalah penting untuk bisa memahami biologi yang komplek dan itu bisa dideteksi secara empiris. Intelligent Design tidak sama dengan Kreasionisme. Kreasionisme seringkali merujuk pada teori bahwa Tuhan menciptakan jagad raya dan manusia dalam enam hari seperti tercatat pada Injil buku satu, Genesis.
Teori Intelligence Design menimbulkan perdebatan panjang apakah itu sains ataukah hanya persembunyian dari agama. Intelligent Design juga dituduh mengusulkan meninggalkan penelitian ilmiah karena mengusulkan adanya Desainer. Pada Desember 2005 Intelligent Design mengalami nasib sama dengan kreasionisme di Amerika, doktrin agama tidak bisa diajarkan di institusi sekular.
Sumber Bacaan; http://www.filsafatilmu.com/artikel/teori/intelligent-design

Tidak ada komentar:

Posting Komentar