Minggu, 30 Juni 2013

APLIKASI SEDERHANA DELPHI



APLIKASI SEDERHANA DELPHI

Sebelum kita belajar tentang suatu hal mari kita kenalan apa sie Delphi itu???? DELPHI adalah  suatu bahasa pemograman (development language) yang digunakan untk merancang suatu aplikasi program.

Nah sekarang setelah kita tau apa itu Delphi , kira- kira apa ya manfaat dari belajar Delphi itu y??
Kegunaan Delphi pada umumnya banyak diantaranya adalah; untuk membuat aplikasi windows,untuk merancang aplikasi program berbasis grafis, untuk membuat program berbasis jaringan (client/server),untuk merancang program .Net (berbasis internet).
Banyak kan manfaat dari belajar Delphi lalu kira-kira apa Keunggulan Delphi y???
1. IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.
2. Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.
3. Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi.
4. Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.
Hmmm…… ternyata Delphi memiliki Banyak manfaat dan Keunggulan ya dalam dunia Pemrograman….
Sekarang mari kita mulai belajar Delphi supaya ,paling gak kita gak dibilang “gaptek” ato ketinggalan jaman gara-gara gak tau sama sekali tentang Pemrograman….hehe….
Langkah Untuk mengaktifkan Program Delphi adalah sebagai berikut;
  1. Klik start
  2. pilih program Files
  3. pilih Borland Delphi
  4.  pilih dan klik Delphi 7
 Pada jendela Delphi terdapat bagian-bagian penting antara lain;

1. Object Tree View
Merupakan sebuah diagram pohon yang menggambarkan hubungan logis menghubungkan semua komponen yang terdapat dalam suatu proyek program. Komponen tersebut meliputi form, modul atau frame. Fungsinya digunakan untuk menampilkan seluruh daftar komponen program dalm sebuah aplikasi program sesuai dengan penempatnnya.

2. Object Inspector
Merupakan jendela yang digunakan utnuk mengatur tampilan komponen pada form, misal bagaimana mengubah tulisan button pada command button menjadi Simpan, atau menghapus tulisan pada label dan mengganti nama menjadi Nama Mahasiswa atau memberikan perintah tertentu pada sebuah komponen sehingga ada interaksi ketika program dijalankan..
Secara Umum Object Inspector terbagi menadi 2, yaitu =
a. Properties
Digunakan untuk mengatur tampilan pada sebuah komponen baik itu meliputi penggantian nama, warna, jenis huruf, border dan lain –lain.
b. Events
Merupakan jendela properties yang digunakan untuk memberikan fungsi yang lebih detail dari fungsi sebenarnya. Misalnya ketika tombol Simpan di klik maka program akan menjalankan perintah penyimpanan data. Dari kalimat tersebut ada event clik untuk mengeksekusi sebuah tombol simpan. Perintah event clik tersebut dapat diberikan melalui jendela events.
3. Form Designer
Merupakan tempat yang digunakan untuk merancang semua aplikasi program yang diambil dari komponen pallete.
4. Component Pallete
Merupakan kumpulan icon yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi pada untuk membentuk sebuah aplikasi user interface.
Dalam komponen pallete semua icon dikelompokan dalam berbagai komponen sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.
  • No Icon Name Fungsi
  • Pointer Mengembalikan fungsi mouse ke defaultnya
  •  Frame Membentuk suatu frame terhadap obyek yang ada didalamnya
  •  Main menu Membuat menu Utama
  • Popup Menus
  • Label Hanya untuk menampilkan Teks
  • Edit Untuk menampilkan dan input data (1 baris)
  • Memo Sama seperti edit tetapi mempunyai kapasitas lebih besar (lebih dari 1 baris)
  • Button Digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap suatu proses
  • Checkbox Digunakan untuk menentukan pilihan lebih dari satu
  • Radio Button Digunakan untuk menentukan pilhan, tetapi hanya satu pilhan yang bisa digunakan
  • List Box Menmpilkan pilihan dalam bentuk list
  • Combo Box Menampilkan pilihan dalam bentuk popup
  • Scroll Bar Merupakan icon yang berupa baris status
  • Group Box Digunakan untuk mengelompokan suatu icon
  • Radio Group Digunakan untuk mengelompokan pilihan
5.       Code Editor
Bagian dari delphi yang digunakan untuk menuliskan kode program. Pada bagian code editor terdapat 3 bagian utama yaitu = bagian paling kiri yang berisi berupa angka menunjukan baris dan kolom. Keterangan modified menunjukan bahwa telah terjadi modifikasi terhapap baris program. Dan paling kanan menunjukan status keyboard tentang tombol insert atau over write.
6. Code Explorer
Jendela yang digunakan untuk menampilkan seluruh variabel, type, dan rountine yang didefinisikan pada sebuah unit.
7. Code Diagram
Merupakan fasilitas pada delphi yang digunakan untuk mendesain sebuah diagram atas komponen – komponen yang digunakan dalam seatu rancangan aplikasi.
d. Projek Delphi
1. File Proyek
File ini disimpan dengan ber-ekstenion .dpr. File ini berisi informasi mengenai seluruh proyek program
2. File Unit
File ini merupakan kumpulan dari barisan kode program yang terdapat di jendela code editor, baik itu yang dituliskan oleh progremmer maupun oleh system. Extention file ini adalah . pas
File Unit dibagi menjadi 2
a. Bagian Interface
Barisan ini dimulai dari kata Interface (setelah nama unit), berisi seluruh deklarasi variabel, tipe data object maupun deklarasi tambahan.

b. Bagian Implementation
Dimulai dari kata kunci implementation dan diakhiri dengan kata end. Fungsi digunakan untuk menuliskan kode program sebagai bagain dari interaksi antar komponen ataupun dengan user.

3. File Form
Berisi tentang seluruh informasi yang ada kaitannya dengan form yang dibuat, meliputi tinggi, lebar, pososi form atau tentang komponen didalmnya. Penggunaan file ini tidak dianjurkan karena untu pengaturan sudah disediakan object inspector sebagai media pengaturan semua komponen.
Setelah kita mengenal delphi dan mencoba memahami Komponen-komponen pentingnya alangkah baiknya kita sekarang mencoba belajar membuat sebuah program sederhana untuk menguji sejauh mana pemahaman kita.
Sumber: http://bandiyahsriaprillia-fst09.web.unair.ac.id/artikel_detail-38368-Umum-APLIKASI%20SEDERHANA%20DELPHI.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar