Minggu, 30 Juni 2013

Akses Internet di Pocket PC: Browsing Tanpa Pulsa GPRS



Akses Internet di Pocket PC: Browsing Tanpa Pulsa GPRS
PDA Phone dirancang guna mendukung mobilitas dari penggunanya. Itulah sebabnya PDA yang memiliki fasilitas ponsel mengandalkan koneksi GPRS untuk mengakses Internet dari mana pun selama sinyal tidak hilang.
Tapi perlu diingat, koneksi GPRS dengan tarif flat sudah sulit didapatkan. Terpaksa Anda harus menggunakan Internet dengan tarif per kilobyte. Tentunya, dengan GPRS ini biaya yang Anda keluarkan akan sangat besar. Coba saja hitung, dengan asumsi tarif Rp25/KB, jika situs yang Anda buka berukuran 100 KB termasuk gambar, berarti Anda harus membayar Rp2.500. Itu baru satu halaman. Bagaimana kalau Anda keasikan browsing berjam-jam atau malah mengunduh file?
Padahal tidak selamanya Anda bisa mengakses Internet di luar. Ada kalanya Anda mengakses Internet dari rumah, atau kantor yang sudah memiliki koneksi Internet.
Selama Anda berada di tempat-tempat tersebut, sebenarnya Anda bisa menghemat penggunaan GPRS yaitu dengan memanfaatkan koneksi Internet yang ada di PC. Inilah caranya.
1. Instal program Microsoft ActiveSync di PC lalu hubungkan PDA dengan PC melalui kabel data atau cradle yang disertakan bersama paket penjualan PDA Phone.
2. Ketuk [Start] > [Settings] pada Pocket PC Anda.
3. Di jendela Settings, ketuk tab [Connections] lalu ketuk ikon [Connections].
4. Ketuk menu [Add a new modem connection] yang berada di bawah My Work Network.
5. Masukkan nama koneksi sesuai dengan yang Anda inginkan pada kolom Enter a name for the connection:
6. Pada combo box Select a modem, pilih [Hayes Compatible on COM1:].
7. Ketuk [Next].
8. Masukkan angka 1 untuk kolom Enter the number exactly as it should be dialed.
9. Ketuk [Next] sekali lagi.
10. Di halaman selanjutnya, User name, Password, dan Domain, diminta. Kosongkan semua kolom tersebut dan akhiri dengan mengetuk tombol [Finish].
11. Sekarang Anda akan dibawa ke halaman awal setting koneksi. Pilih [Set up my proxy server] dan beri tanda [This network connects to the Internet].
12. Apabila Anda terhubung ke Internet melalui proksi, Anda harus menandai [This network uses a proxy server to connect to the Internet] dan isikan alamat IP proksi pada kolom Proxy server:. Konfirmasikan perubahan pengaturan dengan mengetuk [ok].
13. Agar semua program dalam Pocket PC dapat menggunakan koneksi Internet dari jaringan lokal, ketuk tab [Advanced], ketuk [Select Networks] dan ketuk [My Work Network] untuk combo box Programs that automatically connect to the Internet should connect using:.
14. Ketuk [ok].
15. Untuk mulai mengaktifkan koneksi Internet, ketuk [Manage existing connections] yang terdapat pada tab [Tasks].
16. Ketuk dan tahan nama koneksi yang telah Anda buat pada langkah ke 4 di atas, lalu ketuk [Connect].
17. Sekarang Anda sudah bisa langsung mengakses Internet dari Pocke PC.
Selamat Mencoba....



Materi Rekayasa Perangkat Lunak


Materi Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak merupakan salah satu mata kuliah yang di dapat pada jurusan Informatika, biasanya sekitar semester 6. Rekayasa perangkat Lunak membahas mengenai semua hal yang berkaitan dengan pengembangan suatu perangkat lunak atau yang biasa kita kenal sebagai software, meskipun perangkat lunak tidak hanya software saja terkadang juga batch programming, prosedur ataupun class dan lain sebagainya.

Rekayasa perangkat lunak juga menjadi salah satu jurusan di SMK di Indonesia. Adapun pembahasan materinya di dalam sekolah menengah kejuruan menjelaskan semua tentang proses-proses pembuatan suatu perangkat lunak, tetapi lebih ditekankan didalam proses coding dan pembuatannya saja untuk analisis dan beberapa komponen lain masih belum di perdalam.

Rekayasa perangkat lunak sebenarnya adalah proses update atau pengubahan suatu perangkat lunak yang bertujuan untuk mengembangkan, memelihara serta membangun suatu perangkat lunak agar dapat bekerja secara efisien dan efektif bagi user.

Didalam perkuliahan materi rekayasa perangkat lunak secara garis besar ada 6 materi yaitu :
  1. Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
  2. Konsep dasar rekayasa perangkat lunak
  3. Metode Pengembangan perangkat lunak
  4. Analisis Risiko
  5. Persiapan Project perangkat lunak
  6. Analisis Desain
  7. Testing dan implementasi
Di dalam materi pengenalan rekayasa perangkat lunak yang pertama dipelajari adalah materi secara umum yaitu pengertian berdasarkan kesepakatan serta beberapa tokoh, definisi secara umum, sejarah, perkembangan, tokoh-tokohnya. Di dalam materi ini juga di jelaskan tentang perangkat lunak secara umum, mulai dari karakteristik suatu perangkat lunak, tujuan pembuatan dari beberapa sisi baik itu dari sisi pengguna, dari sisi sponsor atau pihak yang mendanai ataupun dari sisi pengembang.

Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Didalam materi ini di jelaskan tentang konsep-konsep dasar dalam mengembangkan suatu perangkat lunak.  Dijelaskan juga tentang rekayasa perangkat lunak di dalam dunia praktis atau lapangan. Di dalam materi ini juga di jelaskan tentang siklus suatu rekayasa perangkat lunak mulai dari pra produksi, pengembangan, pasca produksi hingga rekayasa atau yang biasa kita lakukan dalam software adalah patch (menutupi kekurangan).  Di sini juga dijelaskan mengenai tingkatan perangkat lunak, jenis-jenis perangkat lunak dan perkembangan perusahaan perangkat lunak.

Metodologi pengembangan perangkat lunak atau disebut juga model proses atau paradigma rekayasa perangkat lunak adalah suatu strategi pengembangan yang memadukan proses, metode, dan perangkat (tools). Didalam matei ini di jelaskan mengenai metode-metode pengembangan perangkat lunak yang pernah di pakai dan sering di pergunakan di dalam mengembangkan software diantaranya metode sekuensial linier, prototype, RAD, Fouth Generation Techniques (4GT) , spiral, metode Proses Perangkat Lunak Evolusioner (pertambahan, spiral, konkruen), dan metode formal.

Materi Rekayasa Perangkat Lunak

Analisis Resiko,di dalam matei ini di jelaskan mengenai resiko-resiko yang akan di hadapi dalam pengembangan suatu perangkat lunak. Di sini dijelaskan semua mengenai jenis-jenis resiko kemudian bagaimana menanganinya atau memanagement suatu resiko. Dan Bagaimana suatu resiko itu dapat di manfaatkan sebagai referensi di dalam pengembangan perangkat lunak dan selanjutnya.

Persiapan Project Perangkat Lunak, di dalam materi ini menjelaskan apa saja yang perlu di siapkan di dalam mengembangkan suatu project perangkat lunak. materi ini menjelaskan tentang manajemen proyek suatu pengembangan perangkat lunak berdasarkan tahap-tahap pengembangan yang baik, mulai dari Initiating(proyek sedang dalam proses untuk dipilih/disetujui, disponsori, didanai, dan diluncurkan. Planning (perencanaan adalah proses yang berulang dan menggambarkan proses bagaimana proyek akan dilaksanakan hingga selesai), Executing (setelah proyek direncanakan, tim proyek memulai pekerjaannya), Controlling (selama tim proyek mengerjakan tugasnya, project manager mengontrolnya) dan yang terakhir adalah Closing (setelah proyek diselesaikan project manager akan menutup proyek software).

Materi berikutnya adalah Analisis desain. Di dalam materi ini di jelaskan tentang sistem informasi, fase-fase analisis desain, maintenance sistem, case tools, metodologi alternatif.

Materi yang terakhir adalah Testing dan Implementasi. Di jelaskan secara umum karakterisk strategi pengujian perangkat lunak, tahapan-tahapan proses pengujian, dijelaskan pula faktor-faktor apa saja yang di perlukan didalam pengujian suatu perangkat lunak. Kemudian pengimplementasian kepada user seperti apa dan bagaimana suatu rekayasa dianggap berhasil atau gagal.

Sumber: http://kuliahku-kampusku.blogspot.com/2013/05/materi-rekayasa-perangkat-lunak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar