Minggu, 30 Juni 2013

Bom dan Antimateri



Bom dan Antimateri

Mungkin anda pernah membaca novel berjudul Angel and Demon karya Dan Brown atau pernah menonton filmnya. Ceritanya mengenai Bom Antimatter yang dicuri CERN pusat penelitian di Eropa untuk mengancam Vatikan. Bom ini bernama Antimatter. Anda mungkin pernah mendengar mengenai benda ini, entah di mana, mungkin di kuliah fisika atau di sebuah tulisan ilmiah. Tapi apa itu Antimatter.
Kisah ini pertama kali dimulai pada tahun 1928, seorang fisikawan muda pernama Paul Dirac menciptakan persamaan yang aneh. Dalam persamaan itu Dirac memperdiksi keberadaan antiworld. Apa itu antiworld? Itu adalah dunia yang sepenuhnya dibuat dari Antimatter. Antimatter adalah kembaran dari materi.
Dengan kata lain, mirip bahkan bisa dibilang serupa dengan materi. Jika anda susah membayangkan mungkin anda bisa menyadari, komputer anda, dunia ini, jagad raya ini terbuat dari Materi. Coba bayangkan sesuatu yang serupa dengan materi tapi bermuatan terbalik. Akibat dari benda ini memiliki muatan terbalik denagn materi, maka dia jika ia bersatu dengan materi akan kembali menjadi energi.
Dalam percobaan ketika menciptakan materi selalu ada antimateri. Seperti sebuah kue dan cetakannya. Keduanya selalu tercipta bersamaan. Permasalahannya jika memang demikian ketika materi pertama tercipta pada masa terciptanya jagad raya ini, kemana Antimateri pergi. Disinilah pertanyaan bagi ilmu pengetahuan. Sekarang sedang diteliti di suatu lembaga penelitian di Eropa yang bernama Cern dengan menggunakan suatu alat yang sangat besar mereka menabrakkan partikel yang sudah dipercepat.
Dalam tabrakan yang menghasilkan kondisi ekstrim maka energi bisa menjadi materi. Disinilah mereka mencoba meneliti antimateri. Karena materi dan antimateri ketika bertemu akan menghasilkan energi yang besar maka sering diprediksi akan menjadi bom atau sumber energi alternatif. Sayangnya perlu membutuhkan jutaan tahun untuk mengumpulkan antimateri dalam jumlah yang cukup dan energi yang diperlukan untuk menciptakannya tidak sebanding. Jadi rasanya tidak akan ada bom Antimateri dalam waktu dekat ini.
Sumber Bacaan: http://www.filsafatilmu.com/artikel/artikel-filsafat-ilmu/bom-dan-antimateri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar